Random Posts

Wisata Jogja Candi Abang, Candi Yang Tersembunyi


             Setelah kemaren membahas candi ijo sekarang saya mau bahas tentang candi abang, memang berwarna warni sebutan candi disini dan berwarna juga pemandangannya.
            Candi abang merupakan candi yang tersembunyi menurut saya, kenapa? Karena kalian tidak menemukan candi secara kasat mata. Kamu hanya akan melihat gumukan seperti anak gunung kira-kira setinggi lima sampai tujuh meter. Gumukan ini bewarna hijau dikala musim hujan dan berwarna merah dikala kemarau.
            Namanya candi tapi kok hanya gumukan gitu? Jangan salah dulu, coba kamu naiki gumukan itu. Dan ternyata candinya terdapat dalam gumukan yang tetutup tanah sehingga secara kasat mata kamu tidak akan menemukan candi ini. Tapi ketika kamu naik keatas gumukan tanah kamu bakal menemukan batu-batuan seperti batu candi. Entah kenapa tanah-tanah dari kumukan ini tidak diambil atau dibersihkan dari candi?, entahlah saya juga gak tau.

puncak gumukan
            Tapi untuk mengobati rasa kecewa, kamu bisa foto-foto dan melihat pemandangan sekitar candi abang ini. Karena candi ini terletak di dataran tinggi, sehingga kamu bisa melihat pemandangan sawah sangat luas. Dan kalau musim hujan, rumputnya hijau dan di kelilingi kambing-kambing yang mencari makan rumput di sekitar candi abang.


            Udaranya sejuk kalau kamu datang kesini sore hari. Saya sarankan jangan sekali-kali bawa motor naik keatas, titipin aja motor dibawah dan jalan sebentar. Dibawah juga ada warga yang menawarkan jasa titip motor, jangan khawatir warga sini ramah-ramah orangnya.
            Candi ini menurut saya ada kaitannya dengan candi Prambanan, candi ijo, dan candi Ratu boko. Ini membuat saya berimajinasi, betapa luasnya candi di Jawa ini. Saya yakin kalau jawa ini tanahnya di Bongkar banyak candi-candi yang tersembunyi dan saya yakin seluruh jawa ini merupakan kerajaan yang candinya tertutup tanah akibat bencana alam.
            Arah candi abang ini searah menuju candi ijo, tapi arah jalan utama. Candi ijo belok kiri kalau candi abang belok kanan. Kalau masih bingung di google map sudah terdaftar kok candi abang.
            Dulu waktu awal ke sini warga sekitar sempat heran, kenapa orang-orang pada pengen ke candi abang yang hanya gumukan pasir aja dan gak ada terlohat candinya. Ini tidak lain tidak bukan rasa penasaran dalam benak saya. Bukan berarti hanya mengambil foto untuk eksis-eksisan di instagram tapi rasa penasaran yang bikin hati ini menjuke candi abang. Dan yey rasa penasaran saya terjawab dengan apa yang saya lihat dan saya share ke kamu.
            Selain candi abang, masih dikawasan candi abang terdapat goa, gak tau namanya goa apa. Waktu saya berkunjung ke candi abang goa ini masih sepi dan tertutup. Kayaknya goa sakral gitu.
            Buat kamu yang penasaran coba aja dateng deh.
            Thank you sudah mau baca blog ini. Muach !

            Selamat berlibur! 

ini video durasi pendek 
Peta lokasi
Wisata Jogja Candi Abang, Candi Yang Tersembunyi Wisata Jogja Candi Abang, Candi Yang Tersembunyi Reviewed by Arief kepler on April 14, 2016 Rating: 5

No comments

Home Style Widget

Video of the Day