Random Posts

Detik Pelepasan Lampion di candi Borobudur, Hari raya Waisak 2016



            Tanggal 21 Mei 2016 merupakan salah satu rangkaian acara puncak hari raya Waisak di candi Borobudur. Bahkan umat Budha banyak yang datang ke Borobudur untuk melakukan perayaan hari raya Waisak. Ada satu hal yang ditunggu-tunggu oleh warga sekitar Borobudur maupun wisatawan, yaitu pelepasan balon lampion.
            Pelepasan balon lampion juga merupakan salah satu rangkaian acara Waisak, namun untuk pelepasan lampion ini terbuka untuk umum. Pelepasan lampion di candi Borobudur memiliki arti untuk mengirimkan doa. Sehingga lampion ini menjadi perantara untuk mengirimkan doa. Buat kamu yang ingin ikut pelepasan lampion di candi Borobudur juga bisa dengan membayar Rp. 100.000/orang kamu sudah bisa ikut serta dalam salah satu rangkaian acara waisak yaitu pelepasan lampion. Dengan membayar Rp. 100.000 kamu mendapatkan 3 balon lampion untuk diterbangkan bersamaan saat acara. Kamu juga bisa ikut bermeditasi bersama dan berdoa yang dipimpin langsung oleh para Biksu.

Baca Juga :

 Pantai Sengigi Spot Sunset di Lombok

Air Terjun Sendang Gile, Lombok utara

            Kamu juga bisa ikut dalam prosesi pelepasan lampion tanpa bayar, yaitu hanya melihat saja dari halaman pelataran candi Borobudur. Untuk masuk tidak dikenakan biaya alias gratis.
            Saya berangkat dari Jogja ke candi Borobudur dari jam 21.00 wib, satu jam perjalanan. Namun pintu dibuka untuk umum (bagi yang tidak memiliki tiket) yaitu setelah pejabat negara pulang. Karena diacara Waisak ini biasanya dihadiri oleh Presiden ataupun wakil presiden. Tapi kemaren Waisak tahun 2016 dihadiri oleh bapak wakil presiden yaitu pak Jusuf Kalla.
            Jam 22.00 wib sesampainya di pintu luar Borobudur sudah banyak orang-orang mengantri untuk masuk kedalam, tapi sayang rombongan wakil presiden belum keluar, sehingga pintu masih di tutup.
            30 menit kemudian rombongan mobil wakil presiden keluar satu persatu, mulai dari mobil polisi, mobil anti bom, rombongan paspampres, dll beriringan keluar untuk pulang. Setelah rombongan sudah pada keluar akhirnya pintu dibuka untuk umum.
            Untuk saat itu saya tidak telat, ternyata masih dalam prosesi persiapan ritual doa, meditasi, dan pelepasan balon lampion. Menurut saya ikut aja meditasinya, rasanya kayak sedang yoga gitu. Damai tentram dan kita bakal di pandu dan diberi sugesti untuk mendamaikan diri dengan alam. Suasana terasa damai karena dilakukan malam hari pukul 23.00. Hawa di sekitar serasa bersatu dengan alam.
            Hingga tiba saatnya untuk pelepasan lampion, tepat pukul 00.00 wib prosesi pelepasan lampion dipersiapkan. Kita bakal dipandu untuk bersama-sama menerbangkan lampion. Kita juga diberi sebuah kertas untuk ditempelkan di lampion, isi dari kertas itu adalah doa dan harapan kita.
            Tapi saya masih ada aja orang yang gak sabaran untuk melepaskan lampionnya, sehingga tidak kompak bersamaan. Maklum orang sebanyak itu diajak kerjasama untuk diarahkan sedikit sulit.
            Tapi moment yang serempak melepaskan balon juga ada kok, karena balon lampion diterbangkan 3 kali.
            So penasaran gimana acara Waisak  pelepasan lampion di Borobudur tahun 2016?

Check this out ! 

Jangan lupan untuk Like, Comment, Subscribe (langganan) GRATIS!!


Detik Pelepasan Lampion di candi Borobudur, Hari raya Waisak 2016 Detik Pelepasan Lampion di candi Borobudur, Hari raya Waisak 2016 Reviewed by arief firmansyah on May 23, 2016 Rating: 5

No comments

Home Style Widget

Video of the Day