Pahami Rumus Ini Sebelum Iklan di Selebgram


Menggunakan jasa influencers media social termasuk salah satu strategi yang maksimal untuk mengenalkan produk atau jasa yang akan kita tawarkan, asal tepat. Karena tidak semua akun influencers bisa memaksimalkan konten iklan yang ingin kamu sampaikan. Ada beberapa tahap yang perlu dan ini penting dipelajari sebelum menggunakan jasa influencers. Kalau kita tidak paham menganalisa influencers yang akan dijadikan media iklan untuk menarik followers mereka untuk melirik produk/jasa kita bisa-bisa bukannya untung malah rugi karena sudah membayar mahal influencers.

Tapi gakpapa kalau kamu pernah mengalaminya, jadikan aja sebagai biaya belajar. Namun di artikel ini semoga bisa membantu yang tidak tau menjadi tau.

Mari pahami beberapa point penting sebelum kita menggunakan jasa influencers.

 

  • 1.      Pahami konten mereka di media social

Ini penting dalam kita menentukan awal untuk memilih influencers untuk mempromosikan produk / jasa kita. Karena seperti yang sudah disebutkan diawal, tidak semua influencers cocok untuk mempromosikan iklan kita.

Kalau produk kita adalah makanan, maka pilihlah influencers yang suka review makanan atau public figure yang dikenal doyan makan.

Mengapa demikian, karena orang yang memfollow akun influencers tersebut rata-rata suka dengan makanan dan mereka mencari review makanan melalui influencers tersebut. Jika menurut influencers tersebut enak, maka followers mereka akan penasaran untuk mencoba makanan tersebut.

Kesalahan fatal jika produk kita makanan tapi kita menggunakan jasa influencers review bangunan, review mobil, motor dan sebagainya yang kontennya diluar tentang makanan dan minuman. Yang ada bukannya pesan diiklan kita tersampaikan tapi terabaikan.

Percaya atau tidak, masyarakat era millennial pada saat ini mereka akan mencari review atau mencari penilaian terlebih dahulu dalam mengambil keputusan untuk membeli sebuah produk atau jasa. Termasuk kita juga kan.


  • 2.      Pahami bagaimana influencers menyampaikan iklan-iklan diakun mereka

Kalau seorang influencers cara promosiinnya cuma hanya posting diakun dia tanpa menggunakan cara si influencers ini melakukan interaksi dengan para followersnya seperti cara penyampaian, bahasa dan cara dia mengenalkan produk atau jasa saat iklan, kita skip aja deh ya pakai jasanya. Karena influencers kayak begitu pengen duitnya gak mau mikir, asal posting kelar.

 Contoh influencers yang cara penyampaian iklannya bagus adalah maelle, yang dimana dia membuat video lucu dibagian awal dan diakhiri dengan iklan yang masih dalam satu kesatuan video tersebut. Dia menyelaraskan konsep ceritanya dengan iklan yang masuk divideo  tersebut.

Cara seperti ini membuat penonton bisa lebih mudah mengingat produk yang diiklankan karena diawal penontoh sudah dihibur dan membuat pikiran mereka tenang, disaat itu juga iklan masuk. Hal ini membuat iklan lebih mudah diingat dibandingkan dengan hanya memposting konten iklan saja tanpa ada trik soft selling sepertin maelle.

Sehingga wajar untuk rate iklan di maelle harganya puluhan juta untuk satu video saja, namun hasilnya, iklan kalian ditonton ratusan ribu hingga jutaan penonton.

 

  • 3.      Cek Followersnya

Menjadi influencers bisa dibilang “easy money”, karena kalian tinggal posting dibayar ratusan ribu hingga ratusan juta. Sehingga banyak orang ingin menjadi influencers dengan cara membeli followers.

Jual-beli followers sudah banyak diluaran sana yang jual, bahkan banyak juga public figure yang menggunakan jasa jual-beli followers untuk menarik para orang yang ingin endorsement atau paid promo.

Bahayanya ini ni kalau ketemu yang gini, kita hanya buta dengan angka followesnya yang tinggi tapi ternyata kebanyakan fake. Dan jangan salah, ada juga artis yang punya followers di angka jutaan tapi yang real hanya 40%. Saya sudah pernah mengamati itu, dan realitanya ada yang juga yang iklan diakun artis tersebut.

Saya yakin artis ini mematok harga tinggi dengan mayoritas akun fake. Jangan sampai kamu terjebak pada angka followers.

Kamu bisa cek real followers melalui website-website yang sudah banyak bertebaran di google. Tulis saja keyword “check real followers”, nanti muncul beberapa website yang akan menghitung berapa banyak akun real yang aktif di media social yang kamu input.

Yang sudah saya coba, caranya cukup copy link Instagram influencers yang kamu pilih lalu pasti. Dan tunggu hasilnya.  

 

  • 4.    Bandingkan Followers Dengan Jumlah Like

Hal ini sering kita jumpai pada akun-akun online shop, yang followersnya ribuan tapi kok yang like Cuma 5 / 10 / 15. Apa kamu gak curiga? Apakah bisa dipercaya? Memang betul followers itu adalah salah satu factor membangun kepercayaan. Bukan hanya online shop, public figure pun banyak yang seperti ini, ketauan dong kalau followersnya beli.

Lalu berapa ukuran ideal followers dan jumlah like pada akun medsos Instagram khususnya?

Kalau versi saya pribadi yaitu 5% like dari total followers. Itu artinya kalau influencers yang kita sasar memiliki jumlah followers 100 ribu makan minimal jumlah likenya adalah minimal 5.000 like. Jika kita bisa menemukan influencers yang jumlah likenya diatas 5 % artinya perkembangan akunnya sangat bagus.

Tapi kan like bisa beli bang?

Bisa banget, followers, like, comment, sunscribe, view, semua bisa dibeli.

Sesering-seringnya kita beli auto like juga bakal akan kelihatan ketika ada postingan sebelumnya yang likenya rendah dan tiba-tiba drastis jumlah likenya di postingan selanjutnya. Asal kita rajin kepo.

Yang kita ketahui, ketika kita menemukan akun influencers yang menarik atau inspiratif, pasti kita ingin kepo sampai postingan-postingan lamanya.   

 

  • 5.      Influencers Yang Memiliki Banyak Interaksi

Sepengetahuan yang saya pelajari, algoritma media social focus terhadap interaksi didalam konten yang diposting.

Artinya ada tanggapan di kolom komentar atas postingan yang dibuat. Semakin banyak interaksi maka bisa semakin luas cangkupan konten tersebut tersebar atau bahkan menjadi viral.

Carilah influencers yang rajin balas komentar para followersnya. Karena potensi jangkauan bisa lebih luas dan berpotensi konten yang memiliki banyak interaksi akan viral.

Hal ini juga dilakukan oleh artis pendatang baru Wika Salim yang dimana dia selalu balas semua komentar para netizen.

Eh tong, jangan pede dulu. Dia sedang meningkatkan jangkauan postingan dia di Instagram biar bisa masuk explore dan menambah banyak followers baru.

Inilah rumus mudahnya

Good Followers + Good Like + High Interaction = excellent !

 

Semoga sekarang sudah paham bagaimana menentukan influencers / selebgram yang tepat biar gak rugi.

 

Good luck !

Note :

Maaf kalau banyak yang typo :D

Next :

Strategi Menggunakan Jasa Influencers Dengan Biaya Murah Hasil Maksimal


Comments