5 Ide Bisnis Yang Cocok Untuk Pemula Tanpa Modal

 


Ide bisnis apa yang cocok untuk pemula ? hal ini sering menjadi pertanyaan bagi orang yang ingin memulai bisnis. Ada yang punya modal tapi bingung ingin memulau bisnis apa, ada yang memiliki ide namun tidak memiliki modal. Entah hukum alam atau bagaimana, sejatinya kita dipaksa untuk berkolaborasi.

 

Baik untuk menjawab bisnis apa yang cocok untuk pemula? Menurut saya banyak diluar sana yang menawarkan bisnis untuk pemula. Saya akan membagikan beberapa jenis bisnis yang cocok untuk pemula. Jangan mengeluh ya kalau diawal kamu hanya untuk sedikit, namun dari beberapa bisnis yang saya share ini akan memberikan banyak pelajaran dalam memulai bisnis bagi pemula.

Bahkan beberapa bisnis ini minim modal, minimal cukup paketan data dan sebuah handphone tentunya. Yuk dibaca sampai tuntas, siapa tahu bisnis ini cocok dan kamu senang dalam menjalaninya.

 

1.      Dropshiper

Dropshiper merupakan model bisnis yang dibuat oleh para grosir atau produsen produk/jasa untuk memasarkan. Biasanya produk yang ditawarkan adalah pakaian, obat obatan (pastikan yang legal dan sudah terdaftar), onderdil otomotif dan banyak barang lainnya.

Kamu bisa jualan produk mereka tanpa harus membelinya dulu. Buat kamu yang ingin join jadi dropshiper biasanya akan dikirimi gambar foto produknya dan kamu cukup memasarkan. Enaknya juga, kamu gak perlu membungkus orderan, karena orderan akan dikirim oleh pihak grosir atau produsen. Kamu cukup kirim form orderan ke pihak grosir ataupun produsen, nanti mereka yang akan proses pemesanan dari konsumenmu.

Keuntungannya? Kamu tidak menanggung resiko barak gak laku dan mendapat keuntungan dari selisih harga.

Contoh dapat harga dari grosir atau produsen Rp. 95.000 lalu kamu jual Rp. 150.000 kamu akan dapat untuk Rp. 55.000.

 

Cara menemukan penyedia dropshiper, kamu bisa cek di marketplace shopee atau Tokopedia. Ada beberapa seller yang menawarkan dropshipper disana. Kamu bisa minta foto dan bisa tawarkan ke group media social atau kamu jual di marketplace juga.

 Baca Juga :

Pahami Rumus Ini Sebelum Iklan ke Selebgram

2.      Makelar Property

Bisnis ini bisa dibilang memberikan untuk yang sangat besar, saya pribadi pernah mencoba untuk menjadi makelar property, keuntungannya lumayan untuk biaya hidup semasa kuliah.

Banyak pembelajaran yang bisa diambil saat menjadi makelar property

-          Bertemu relasi baru

-          Belajar menawarkan produk ke orang yang berduit ( karena property harganya mahal-mahal)

-          Belajar merayu calon pembeli akan tertarik dengan list property kita

-          Belajar menjadi tengah antara pemilik property dan pembeli property

-          Belajar mengurus legalitas ke notaris.

Modalnya? Cukup handphone yang memiliki kameran dan memasarkan ke temen, media social, atau saudaranya temen.

Nilai keuntungan : Harga rumah Rp. 500.000.000 x 2.5% (fee kita sebagai makelar)

=  Rp.12.500.000 .

Hm.. gimana tergiur? Tapi saya jualan rumah gak seperti jualan gorengan, tergantung kamu memiliki banyak list rumah, relasi, dan seberapa besar usaha kamu saat memasarkan rumah.

Untuk fee 2.5% dalam dunia property itu sudah diatu pada UUD Negara Republik Indonesia. Tapi tetep Kembali lagi kesepakatan dengan pemilik property.

Bagaimana caranya?

Untuk menemukan list property saya sering keliling naik motor lewat perumahan atau rumah-rumah yang banyak penghuninya. Atau juga ada tanah kosong itu bisa juga kita tawarkan.

Listing rumah berguna untuk memberikan opsi penawaran lain kepada calon pembeli agar mereka banyak pilhan untuk menentukan hunia mereka. Karena tentu pembeli ingin menempati rumah yang nyaman untuk mereka.

 

3.      Jadi Reseller

Menjadi reseller adalah pilihan buat kamu yang sudah memiliki modal yang cukup untuk belanja barang lalu dijual. Karena untuk menjadi reseller kamu wajib untuk belanja barang ke agen atau grosir.

Untuk harga reseller dan dropship biasanya lebih murah menjadi reseller, karena ada beberapa resiko yang harus kamu tanggung saat menjadi reseller yaitu pengendapan barang yang tidak laku.

Resiko ini melatih kita sebagai pebisnis pemula untuk memutar otak bagaimana agar barang sisa bisa laku habis walapun hanya balik modal kulakan. Entah mau didiskon atau dikasih promo beli 1 gratis 1. Banyak metode yang sering dilakukan pebisnis retail agar barangnya tidak lama mengendap.

Nilai keuntungan menjadi reseller lebih besar dibandingkan menjadi dropshiper. Keuntungannya bisa 10% - 100% tergantung produknya.

 

4.      Menjadi Freelancer

Ini merupakan bisnis yang bermodalkan skill yang kita punya. Contoh designer, content creator, arsitek, progammer dan skill lain yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan saat ini. Cuman bedanya kamu dibayar per project. Tidak ada keterikatan menjadi karyawan disini, dan kamu bahkan bisa mempekerjakan orang untuk menjadi karyawanmu dikala project kita banyak.

Nilai keuntungan bisnis ini biasanya besar karena masuk dalam bisnis jasa.

Kalau kamu merasa punya skill yang dibutuhkan peeusahaan kecil maupun besar, tidak ada salahnya kamu menawarkan jasamu ke mereka.

Yang terpenting kontrak dengan klien harus jelas dan transparan.

 

5.      Jual Beli motor atau Mobil

Tidak dipungkiri kebutuhan akan mobil atau motor di Indonesia masih sangat tinggai. Walaupun untuk memiliki kendaraan saat ini bisa dengan dp yang ringan, namun masih banyak orang yang berfikir dia lebih nyaman beli cash walaupun bekas. Karena tidak memikirkan angsuran tiap bulannya.

 

6.      Hobby

Jika diatara lima refrensi peluang usaha diatas tidaka ada yang membuat anda tertarik. SIlahkan kamu coba untuk kenali dirimu, apa hobby kamu, apa keahlianmu, siapa lingkunganmu pelajari dan cari ide apa yang bisa menghasilkan uang.

Itulah peluang usaha yang cocok untuk pemula, banyak pelajaran yang bisa diambil disaat kita mencoba untuk memulai usaha. Semoga artikel ini bermanfaat buat temen-temen yang membaca. Selamat mencoba, kalau kita tidak mencoba, kita tidak akan pernah memulai dan merasakannya.

Comments