Mambangun Strategi Marketing Digital



Pandemic yang melanda dunia di tahun 2020 ini memberikan dampak ekonomi yang sangat besar. Strategi marketing online menurut saya mau tidak mau harus kita terapkan diera pandemic saat ini. Apakah telat? Selagi kita serius dan konsisten melakukannya sangat besar peluang terbuka untuk memulai membangun strategi marketing online. Tidak ada yang terlambat untuk memulai.

Membangun strategi marketing online susah-susah gampang, perlu banyak riset untuk mencoba strategi marketing online dengan gaya apa yang cocok untuk market kita. Disini kita harus bisa menganasila apa yang bisa meningkatkan jumlah traffic kunjungan konsumen ke toko online kita hingga terjadinya transaksi.

Saya akan berbagai tentang membangun pelanggan melalui strategi marketing online:

 

1.      Pahami apa kebutuhan konsumen

Kita harus memahami keresahan dan kebutuhan apa yang saat ini sedang dibutuhkan oleh konsumen untuk memenuhi keinginan kita. Apabila kita bisa memberikan solusi bagi calon konsumen, pasti produk atau jasa kamu akan mudah terjual. Kita bisa mengamati disekitar kita tentang kebutuhan pasar saat ini, mari latih kepekaan untuk bisa mendapatkan peluang dan cuan.

Di era pandemic saat ini, kita bisa lihat bisnis yang sedang naik daun seperti bibit tanaman, bunga, ataupun ikan hias. Mengapa fenomena ini terjadi? Karena disaat pandemic dan psbb orang bosan dirumah, apalagi yang sudah biasa dengan rutinitas pagi bekerja hingga sore lalu dihadapkan dengan kondisi harus selalu dirumah tentu bosan. Sama, saya juga bosan. Pada akhirnya orang mencoba cari kesibikuan dengan menanam, pelihara ikan hias, atau berolahraga dirumah. Banyak bermunculan pebisnis baru yang jual bunga, ikan hias ataupun tiba-tiba jual sepeda. Ini merupakan kejelihan mereka melihat peluang dan kondisi pasar. Namun tetap waspada sampai kapan trend ini hadir.

 

2.      Buat konten yang berhubungan dengan calon konsumen

Untuk mengenalkan bisnismu di platform digital, kita membutuhkan konten tentang produk atau jasa kita untuk membangun kesadaran calon konsumen untuk membeli produk atau jasa yang kita tawarkan.

Dalam strategi marketing online kita bisa membuat konten yang bisa kita bagikan melalui media social seperti Facebook, Instagram, Tiktok, ataupun Youtube. Baik itu dalam bentuk gambar ataupun video. Jika konten yang kita buat itu relevant dengan kondisi hati dan perasaan calon konsumen, kontenmu akan mudah tersebar atau bisa dibilang viral di media social dan tentu orang akan banyak tahu mengenai produk atau jasa yang ditawarkan.

Contoh : odading mangoleng

Konten yang dibuat lucu, membuat penonton hatinya terhibur dengan cara bicara odading mangoleng yang ternyata seorang pedagang kuliner. Lalu apa efeknya? Bisa kita lihat dimedia social, mendadak dagangannya laris manis dan orang rela antri untuk mencoba apa yang odading mang oleng jual.

 

3.      Bangun Citra Yang Baik

Ketika kamu memasukin pasar digital, tentung banyak kelebihan dan kekurangannya. Kelebihannya yaitu produk atau jasa kita mudah dikenal oleh banyak orang bahkan sangat memungkinkan dikenal oleh seluruh dunia. Kekurangannya ketika citra kamu buruk, produk atau jasamu tidak sesuai ekspektasi calon konsumen maka review buruk dimedia social atau bahka bullyan akan bisa terjadi pada bisnis kita.

Maka akankah baiknya kita jujur dalam berbagi informasi mengenai produk atau jasa kita ketika memulai marketing online.


4.      Siapkan Dana Iklan

Ini yang banyak tidak disadari oleh kebanyakan pengusaha untuk menyisihkan anggara mereka untuk iklan di Google iklan, Facebook iklan, menggunakan jasa selebgram dll. Ada iklan itu wajib, tak terkecuali bisnis UKM sekalipun. Tujuannya agar pasar kita lebih luas dan membangun kepercayaan calon konsumen.

Pengalaman saya ketika menggunakan iklan google, facebook maupun selebgram, omset saya bisa 10x lipat dari biaya iklan saya. Artinya menggunakan iklan di media social atau platform digital itu sangat baik dan sebanding denga apa yang kita dapatkan. Namun untuk dalam hal selebgram kamu harus tahu dulu rumusnya. Kamu bisa baca di Pahami Rumus IniSebelum iklan di selebgram

 

5.      Bangun Interaksi Dan Kedekatan

Bukan berarti kita harus selalu datang kerumah konsumen kita, interaksi dapat dibangun melalui media sosal. Berinteraksi dikolong komentar juga merupakan strategi marketing online. Karena konsumen merasa dekat dengan kita sehingga tercipta loyalitas.

Sangat dilarang kita cuek terhadap komentar positif maupun negative dari para konsumen melalui media sosial.

Selalu jaga hubungan dengan konsumen di media sosial, tidak menutup kemungkinan konsumenmu adalah marketing berjalan yang tidak kamu bayar dan terkadang kamu tidak sadar.”

 

Point dalam membangun strategi digital marketing adalah bisa memahami konsumen dengan baik. Paham apa yang mereka butuhkan dan kamu datang untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Disamping itu kita harus bisa menjaga kolam market kita dengan baik agar market tetep terjaga, bisnis berumur Panjang dan syukur-syukur ketika kamu buka bisnis baru lagi distribusi pasarmu sudah mudah karena pasarnya sudah kamu bentuk sendiri di media sosial.

Selamat mencoba dan tetep konsisten dalam menjalankannya.

 

Comments